Pantangan dan Anjuran Makanan Penderita Diabetes

Penderita diabetes memiliki beberapa jenis makanan yang harus dihindari demi menjaga kesehatan tubuh dengan tujuan dasar memberikan asupan nutrisi bagi penderita diabetes untuk menghindari lonjakan gula darah. Berikut ini adalah beberapa jenis Pantangan dan Anjuran Makanan Penderita Diabetes yang menjadi alternatif untuk dikonsumsi.

Pantangan dan Anjuran Makanan Penderita Diabetes


http://obatdiabetesuntukibuhamil.blogspot.com/


Pantangan : Nasi putih

Nasi putih akan meningkatkan risiko terhadap diabetes tipe 2. Dalam sebuat studi terhadap lebih dari 350.000 orang. Mereka yang makan nasi putih berada di risiko terbesar untuk diabetes tipe 2, dan risiko meningkat 11% untuk setiap porsi harian tambahan beras. Pada dasarnya, apapun yang diproses, digoreng, dan dibuat dengan tepung putih harus dihindari.

Ajuran : Beras merah, biji-bijian tidak menyebabkan lonjakan gula darah yang sama berkat serat karena dapat membantu memperlambat aliran glukosa ke dalam aliran darah.

Pantangan : Kopi dicampur

Kopi blend yang dicampur dengan sirup, gula, whipped cream, dan topping lainnya mengandung kalori lebih banyak dan gram lemak yang merupakan pilihan buruk bagi penderita diabetes. Sebuah Frappuccino di Starbucks misalnya, dapat berisi 500 kalori, 98 gram karbohidrat dan 9 gram lemak yang dapat meningkatkan glukosa darah melonjak.

Anjuran : Mintalah porsi lebih ringan yang berkisar dari 60 sampai 200 kalori sehingga hanya mengandung kalori rendah dan rendah gula.
 
Pantangan : Pisang dan Melon

Pisang, melon, dan buah-buahan seperti persik dan nectarine mengandung gula yang sangat tinggi, sehingga dapat menyebabkan lonjakan gula darah lebih dari buah lainnya.

Anjuran : Anda dapat mengganti buah-buahan tersebut dengan Granny Smith Apel, blueberry, dan berry lainnya yang mengandung gula lebih rendah.

Pantangan : Makanan Cina

Berkalori tinggi, lemak tinggi, natrium, dan hidangan makanan Cina yang tinggi karbohidrat dapat meningkatkan gula darah secara dramatis dan tetap tinggi untuk sementara waktu.

Anjuran : Jika anda menikmati makanan Cina, menyiapkan resep dimodifikasi di rumah dengan menggunakan kukus sayuran dan rendah sodium, bumbu rendah lemak dan perasa. Mengurangi natrium dapat membantu menurunkan tekanan darah dan mengurangi risiko serangan jantung. Hindari nasi putih dan mie, ganti dengan beras merah.

Pantangan : Sarapan dengan Kue

Hindari donat, kue-kue pemanggang roti, dan permen bakery lain jika anda ingin menjaga kadar gula darah anda di bawah kendali karena mereka terbuat dari tepung putih olahan dan tinggi lemak, karbohidrat dan natrium.

Anjuran : Cobalah setengah dari gandum muffin Inggris atau kue beras merah dengan selai kacang dan sedikit selai rendah gula, karena mereka kurang olahan dan rendah lemak, karbohidrat dan natrium.

Itulah beberapa Pantangan dan Anjuran Makanan Penderita Diabetes yang bisa anda terapkan pada pola makan sehari-hari. Semoga sukses diet diabetesnya, salam sehat :)


Artikel Terkait :

Pengobatan Diabetes pada Ibu Hamil
Obat Radang Sendi untuk Ibu Hamil



Sumber www.jpnn.com


Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

search
PROMO TERBARU ! Dapatkan 1 Sachet Teh Herbal GRATIS untuk Pembelian 3 Botol Jelly Gamat Gold-G (Berlaku Kelipatan) KLIK DISINI